11 Cara Membersihkan Usus Kotor, Bikin Pencernaan Menjadi Lancar!
11 Cara Membersihkan Usus Kotor, Bikin Pencernaan Menjadi Lancar!

Kamis, 27 Jun 2024 | 09:43:47 WIB, Dilihat 32 Kali

Oleh Rendi Febriansyah

11 Cara Membersihkan Usus Kotor, Bikin Pencernaan Menjadi Lancar!  11 Cara Membersihkan Usus Kotor, Bikin Pencernaan Menjadi Lancar!

Baca Juga : Tak Sadar Gejala! 1000 Warga RI Didiagnosis Kanker


Usus merupakan salah satu organ vital dalam sistem pencernaan. Organ ini menyimpan sisa makanan, racun, maupun zat lain yang bisa menyebabkan penumpukan kotoran.
Sehingga, membersihkan usus menjadi langkah yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Dengan usus yang bersih, sistem pencernaan bisa bekerja lebih optimal dan risiko penyakit dapat diminimalisir.

Cara Membersihkan Usus yang Kotor
Minum air garam, air putih, hingga makanan yang mengandung probiotik dapat membersihkan usus yang kotor. Berikut informasi lengkapnya.

1. Minum Air Garam
Cara membersihkan usus kotor yang kedua yaitu dengan meminum air garam. Mengutip laman Healthline, sebuah studi di tahun 2010 terkait hal ini.

Dikatakan bahwa minum larutan garam suam-suam kuku saat yoga lebih efektif dalam pembersihan usus sebelum kolonoskopi dibandingkan dengan meminum larutan khusus. Namun, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum meminum air garam.
Jika sudah siap dan ingin mencobanya, berikut tips meminum air garam:

Campurkan 2 sendok teh garam dengan air hangat. Kamu bisa gunakan garam laut atau himalaya
Minum dengan cepat saat perut kosong. Dalam beberapa menit, kamu mungkin akan merasakan mulas atau ingin buang air besar
Lakukan ini di pagi dan sore hari. Pastikan kamu berada dekat dengan kamar mandi.
2. Minum Air Putih
Minum air putih menjadi cara yang sederhana untuk membuat pencernaan menjadi lancar. Pastikan untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Konsumsi juga makanan yang memiliki kandungan air yang tinggi, seperti buah dan sayur.

3. Konsumsi Makanan Tinggi Serat
Serat adalah jenis karbohidrat yang tidak bisa dicerna tubuh tapi melancarkan pencernaan, penyerapan nutrisi dan pergerakan limbah melalui usus besar. Kamu dapat menemukan serat dalam makanan nabati utuh seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian kacang-kacangan, dan lain sebagainya.

Banyaklah mengkonsumsi makanan berserat tinggi. Sebab, makronutrien penting ini dapat membantu kesehatan usus besar dan baik untuk bakteri usus.

4. Campur Cuka Sari Apel dan Madu
Cuka sari apel dan madu mengandung probiotik. Menurut laman Very Well Health, mencampurkan kedua bahan ini dapat membantu menjaga kesehatan usus.
Meski belum ada bukti ilmiah yang mendukung, masyarakat percaya bahwa ramuan ini bisa mengeluarkan racun dalam tubuh. Caranya, campurkan satu sendok madu asli atau madu yang belum diolah dan dua sendok cuka sari apel ke segelas air hangat.

5. Mengkonsumsi Probiotik
Probiotik adalah bakteri dan ragi yang mempunyai manfaat kesehatan, terutama untuk pencernaan. Menurut para peneliti, kandungan ini membantu menggantikan bakeri baik, dan menyeimbangkan bakteri baik dan jahat dalam tubuh, sehingga pencernaan menjadi lancar.

Contoh makanan yang mengandung probiotik yaitu yoghurt, kimchi, dan acar, Kamu juga dapat mengkonsumsi probiotik lewat suplemen.

6. Jus dan Smoothie
Agar tubuh tetap terhidrasi, selain mengkonsumsi buah secara langsung, kamu dapat membuatnya menjadi jus atau smoothie. Jus mengandung serat dan nutrisi yang bermanfaat bagi pencernaan.

Terlebih, mengkonsumsi buah mampu meningkatkan mikrobioma usus dan pergerakan makanan menuju usus. Buah juga mampu membantu mengurangi sembelit.

7. Teh Jahe
Jahe merupakan rempah yang dapat merangsang pencernaan. Untuk mengkonsumsinya, buatlah teh jahe hangat yang dicampur dengan madu. Minum sekali atau dua kali sehari.

8. Mengkonsumsi Pati Resisten
Mirip dengan serat, pati resisten bisa ditemukan dalam makanan seperti kentang, nasi, kacang, dan biji-bijian. Pati resisten dapat mendukung kesehatan uus besar dengan meningkatkan mikroflora usus.

Meski begitu, jika kamu mengikuti diet rendah karbohidrat, pilih makanan yang hanya sedikit menyebabkan lonjakan darah. Contohnya yaitu gandum utuh, pisang hijau, dan lentil.

9. Minyak Ikan
Minyak ikan atau fish oil mengandung asam lemak omega 3 yang efektif membersihkan usus besar. Mengutip Medicine Net, minyak ikan bisa dikonsumsi lewat suplemen.

10. Teh Herbal
Teh herbal dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Ramuan pencahar yang mengandung lidah buaya, akar marshmallow, dan psyllium bisa membantu mengatasi sembelit. Sebelum itu, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum meminumnya.

11. Olahraga Secara Teratur
Penting untuk menjaga persentase lemak dalam tubuh di batas yang normal. Menurut laman Pemprov Jambi, adanya lemak berlebih dapat meningkatkan risiko kanker usus.

Salah satu cara menghindarinya yaitu dengan berolahraga secara teratur. Hal ini karena olahraga bisa meningkatkan aliran darah ke otot di sistem pencernaan. Sehingga gerakan makanan di saluran pencernaan lebih efisien.

Itulah informasi mengenai cara membersihkan usus yang kotor. Umumnya, cara-cara ini aman dilakukan, tapi bagi yang memiliki masalah kesehatan, tanyakan ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukannya. Misalnya, orang dengan tekanan darah tinggi biasanya menghindari air garam yang meningkatkan asupan natrium.

 



Tak Sadar Gejala! 1000 Warga RI Didiagnosis Kanker
  • Tak Sadar Gejala! 1000 Warga RI Didiagnosis Kanker

    Selasa, | 10:52:19 | 126 Kali


  • VSE Foundation Ajak Masyarakat Entaskan Diskriminasi Terhadap Anak di Hari AIDS Sedunia
  • VSE Foundation Ajak Masyarakat Entaskan Diskriminasi Terhadap Anak di Hari AIDS Sedunia

    Rabu, | 11:26:03 | 101 Kali


  • Kasus Mycoplasma Pneumonia dan Covid-19 Kembali Merebak, Dinkes DKI Imbau Untuk Gunakan Masker
  • Kasus Mycoplasma Pneumonia dan Covid-19 Kembali Merebak, Dinkes DKI Imbau Untuk Gunakan Masker

    Kamis, | 10:55:36 | 98 Kali


  • Pandawara Group diundang ke Denmark untuk belajar pengelolaan sampah
  • Pandawara Group diundang ke Denmark untuk belajar pengelolaan sampah

    Kamis, | 14:25:47 | 169 Kali


  • Kemenkes Sebut Vaksinasi Cacar Monyet Untuk Orang Dengan Kontak Erat dan Akan diberikan Bertahap
  • Kemenkes Sebut Vaksinasi Cacar Monyet Untuk Orang Dengan Kontak Erat dan Akan diberikan Bertahap

    Kamis, | 15:24:36 | 62 Kali