9 Cemilan Lezat dan Sehat Bagi Penderita Kolesterol
Kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko sejumlah penyakit berbahaya, termasuk serangan jantung dan stroke. 

Sabtu, 30 Sep 2023 | 10:46:54 WIB, Dilihat 83 Kali

Oleh Pitriani Sri Rahayu

9 Cemilan Lezat dan Sehat Bagi Penderita Kolesterol

Baca Juga : DKI Jakarta menjadi kota dengan kualitas udara terburuk nomor empat di dunia hari ini.


9 Cemilan Lezat dan Sehat Bagi Penderita Kolesterol

Kolesterol tinggi bisa meningkatkan risiko sejumlah penyakit berbahaya, termasuk serangan jantung dan stroke. 

Lantas, apakah orang yang memiliki kadar kolesterol tinggi tidak boleh makan camilan?

Ngemil adalah hak semua orang. Tidak ada larangan untuk ngemil, karena ini jadi kebutuhan, selain makan berat yang memang harus dilakukan.

Hal yang harus diperhatikan adalah jenis camilan yang jadi pilihan. Ingat, camilan tidak hanya gorengan, popcorn, atau keripik kentang. Ada banyak camilan sehat yang bisa dinikmati.

Berikut beberapa camilan rendah kolesterol yang sehat dan lezat

1. Oat bar 

Kini, ada banyak oat bar yang dijual di pasaran, baik produk massal maupun rumahan. Hal ini membuat Anda lebih mudah mendapatkan pilihan camilan yang baik untuk kolesterol tinggi.  Untuk hasil yang lebih optimal, carilah oat bar dengan kadar gula rendah sebagai sumber asupan serat. 

2. Popcorn
Camilan khas saat nonton film seperti popcorn dapat menjadi pilihan camilan rendah kolesterol. Menurut American Heart Association, popcorn berasal dari biji jagung utuh yang mengandung serat tinggi dan dapat membantu menurunkan kolesterol.

Popcorn dapat menjadi camilan sehat dan tepat jika diolah dengan cara yang benar. Alih-alih memakai mentega, Anda dapat menggunakan minyak zaitun dan sedikit keju parmesan untuk membuat popcorn lebih lezat namun tetap sehat untuk Anda.

3. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan bisa menjadi pilihan camilan yang tepat kalau Anda ingin menurunkan kolesterol. Jenis kacang-kacangan yang banyak mengandung HDL atau kolesterol baik adalah kacang almond, kacang kenari, dan kacang pecan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kacang almond kaya akan lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menurunkan LDL (kolesterol jahat) sekaligus meningkatkan HDL. Akan tetapi ingat, kacang juga mengandung kalori yang tinggi.

Maka itu, cukup konsumsi setidaknya 30 gram kacang, atau setara dengan 24 kacang almond atau 14 kacang kenari, untuk menjaga kadar kolesterol Anda tetap stabil.

4. Sayur-sayuran
Sayur-sayuran adalah bahan makanan yang kaya akan serat, vitamin, dan mineral untuk tubuh. Tidak hanya baik untuk mengendalikan kadar kolesterol, sayur-sayuran juga mengandung rendah lemak, natrium, dan kalori. Artinya, dengan memperbanyak makan sayur dapat membuat Anda terhindar dari penyakit jantung.

Jadi, Anda tidak perlu beralih ke diet vegetarian hanya untuk menurunkan kolesterol Anda. Cukup pastikan Anda mengonsumsi sayuran dalam berbagai warna supaya mendapatkan beragam vitamin dan mineral.

Misalnya, dengan mengonsumsi sup atau salad sayur yang terdiri dari berbagai macam sayuran, Anda sudah bisa mendapatkan banyak vitamin dan mineral dari makanan tersebut. Padukan dengan kentang, daging ayam, atau telur, sehingga salad dan sup Anda sudah lengkap dengan karbohidrat, protein, dan serat.

5. Keripik kentang buatan sendiri  

Keripik kentang adalah salah satu camilan favorit yang cocok dinikmati kapan saja. Sayangnya, jenis camilan ini cenderung memiliki kadar garam tinggi sehingga tidak sehat untuk penderita kolesterol tinggi.  

Agar tetap bisa menikmatinya dengan cara lebih sehat, luangkan waktu untuk membuat keripik kentang sendiri. Caranya juga cukup mudah hanya perlu mengiris kentang tipis-tipis, taburi minyak zaitun dan panggang di dalam oven.

6. Oatmeal
Jangan hanya menganggap oatmeal sebagai sarapan saja. Anda juga bisa menyajikan oatmeal sebagai menu camilan yang sehat, lho!

Oatmeal mengandung serat larut yang dapat menyerap kolesterol dan memindahkannya ke sistem pencernaan tanpa diserap oleh tubuh. Selain itu, serat dapat memicu produksi asam empedu yang dapat membantu menurunkan kolesterol baik (LDL). Maka itu, oatmeal bisa menjadi salah satu camilan rendah kolesterol yang patut Anda coba.

7. Buah-buahan
Sama seperti sayuran, buah-buahan juga dapat menjadi “obat” penurun kolesterol Anda. Misalnya saja, buah apel, stroberi, anggur, dan buah jeruk mengandung pektin, sejenis serat yang dapat menurunkan kadar LDL.

Tidak hanya itu, buah-buahan juga mengandung kalium yang dapat membantu mengendalikan tekanan darah. Alhasil, tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

8. Roti gandum
Kristi King, RDN, MPH, ahli gizi asal Houston mengungkapkan kepada Everyday Health bahwa roti gandum utuh sangat baik untuk camilan penurun kolesterol. Ini karena gandum utuh mengandung sejumlah serat dan protein yang bermanfaat untuk menjaga kolesterol tetap terkendali.

Setiap satu iris roti gandum mengandung dua gram protein dan dua gram serat yang baik untuk pencernaan. Anda juga bisa menambahkan roti gandum dengan sedikit keju cheddar yang bermanfaat sebagai probiotik untuk kesehatan usus.

9. Puding chia
Biji chia adalah sumber lemak tak jenuh dan serat larut yang bagus. Jika Anda mencampurnya dengan cairan dan memasukkannya ke dalam lemari es selama beberapa jam, chia akan menyerap sebagian cairan dan membentuk camilan seperti gel yang enak, lembut, dan renyah.

Chia juga mengandung beberapa protein dan karbohidrat. Tapi Anda bisa mendapatkan lebih banyak protein dan karbohidrat dengan menggunakan susu rendah lemak atau susu kedelai sebagai cairan.

Itulah beberapa pilihan cemilan yang bisa anda coba semoga bermanfaat.



DKI Jakarta menjadi kota dengan kualitas udara terburuk nomor empat di dunia hari ini.
  • DKI Jakarta menjadi kota dengan kualitas udara terburuk nomor empat di dunia hari ini.

    Kamis, | 11:08:54 | 486 Kali