Hati-hati Modus Penipuan Baru Whatsapp, Jangan Asal Klik Gambar Action Block Pada Pesan WA
Modus Penipuan WA Dengan Tombol Block

Jumat, 15 Sep 2023 | 14:26:08 WIB, Dilihat 198 Kali

Oleh Muhammad Sahid

Hati-hati Modus Penipuan Baru Whatsapp, Jangan Asal Klik Gambar Action Block Pada Pesan WA Penipuan Via Whatsapp Dengan Modus Fitur Block, Dok akun Twitter @kozirama

Baca Juga : Pemkab Bekasi Gandeng Google untuk Percepatan Digitalisasi Sekolah


Modus penipuan via WhatsApp terus berkembang. Kini munucl pesan WA berupa file gambar dengan tombol 'BLOCK'.

"Hati-hati kalau ada yang tiba-tiba mengirim WA seperti ini. JANGAN menekan tombol BLOCK, karena di situ disembunyikan link yang akan merampok isi rekening kita," cuit akun @kozirama, dikutip pada Jumat (15/9).

Menurut akun tersebut, para penipu terlihat sudah mempelajari psikologis penerima chat WA jika dikirim pesan ada tombol 'BLOCK' dari nomor tak dikenal, akan terpancing untuk klik.

Jika menerima pesan dari nomor tak dikenal, lebih baik hapus saja pesan tersebut melalui cara resmi lewat opsi yang diberikan WhatsApp.

"Jika mau mem-BLOCK, blokirlah melalui fitur BLOCK di aplikasi WA kita. Selalu waspada, berpikir sebelum bertindak," tegasnya.

Pada dasarnya penipuan via WhatsApp dengan tombol "Block"  tersebut merupakan modus penipuan phising.

Dilansir dari Kompas.com, berikut beberapa tips untuk menghindari menjadi korban modus penipuan phising :

1. Rutin memeriksa keamanan gadget 

Phising adalah kejahatan yang dapat menyerang seluruh aplikasi dalam gadget, termasuk aplikasi mobile banking. Jika Anda suka menyimpan informasi di gadget (dalam aplikasi Note, misalnya), data ini juga akan terancam jika gadget kita terkena phising.

Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan keamanan menyeluruh di gadget secara rutin. Untuk itu, cara menghindari phising adalah rutin mengecek riwayat penggunaan aplikasi dan file-file aneh.

2. Menyimpan informasi login dengan hati-hati 

Cara menghindari phising adalah menyimpan informasi login dengan hati-hati. Seringkali, seseorang meninggalkan info login di sembarang tempat, misalnya di komputer umum atau di ponsel orang lain.

Anda sebaiknya menghindari ini jika tidak ingin jadi korban phising. Selain menyimpan info login dengan hati-hati, pastikan juga untuk selalu menggunakan kata sandi unik. Jika takut kesulitan mengingat, Anda bisa menulisnya di sebuah catatan pribadi dan tidak meninggalkannya di sembarang tempat.

3. Tidak mengikuti perintah email/pesan teks mencurigakan 

Kemudian, cara menghindari phising adalah dengan mengabaikan seluruh email atau pesan teks mencurigakan. Dalam sehari, Anda bisa saja menerima serangan phising lebih dari beberapa kali. Sesering apapun, jangan sampai Anda melakukan perintah dari pengirim mencurigakan. Jika pengirim tersebut mengaku sebagai orang lain, coba hubungi orang aslinya.

4. Mengakses website dengan SSL 

SSL adalah Secure Socket Layer yang dipasang di website agar pengaksesnya terlindung serangan online. Jika ingin perangkat Anda terlindung dari phising dan malware, sebaiknya hanya kunjungi website dengan SSL. Cara membedakan website SSL dengan tanpa SSL adalah dari protokol aksesnya. Website dengan SSL protokol aksesnya adalah “https://”

5. Waspada menerima telepon tidak dikenal 

Cara menghindari phising berikutnya adalah tidak menerima telepon orang asing. Kalau pun Anda harus menerima, dengarkan dulu apa kepentingan orang asing tersebut. Jika permintaannya menyangkut hal-hal privasi/meminta uang, sebaiknya Anda abaikan saja teleponnya. 

Demikian penjelasan singkat cara menghindari modus penipuan phising dengan menggunakan action button. Alangkah baiknya jangan mudah percaya dan sembarangan mengklik sesuatu yang dikirimkan kepada Anda baik lewat mhatsapp maupun platform lain bila dari nomor atau kontak yang tidak dikenal.



Pemkab Bekasi Gandeng Google untuk Percepatan Digitalisasi Sekolah
  • Pemkab Bekasi Gandeng Google untuk Percepatan Digitalisasi Sekolah

    Kamis, | 08:13:24 | 135 Kali


  • Microsoft Hapus WordPad dari Windows Setelah Berjalan Hampir 30 Tahun
  • Microsoft Hapus WordPad dari Windows Setelah Berjalan Hampir 30 Tahun

    Senin, | 16:35:47 | 225 Kali