Pelaku penjual data di situs Dark Web telah di tangkap Polda Metro Jaya
Pelaku penjual data di situs Dark Web telah di tangkap Polda Metro Jaya, tersangka ini mengikuti pemberitaan seputar hacker Bjorka

Senin, 21 Agu 2023 | 11:25:08 WIB, Dilihat 78 Kali

Oleh Abdus Somad

Pelaku penjual data di situs Dark Web telah di tangkap Polda Metro Jaya

Baca Juga : Densus 88 tangkap 1 terduga teroris di bekasi, diduga karyawan BUMN


Pria asal Tebet, Jakarta Selatan, berinisial MRGP (28) ditangkap polisi setelah menjual data nasabah bank via dark web bernama Breachforums.is. Usut punya usut, pria tersebut terinspirasi dari hacker Bjorka.
"Jadi dari hasil keterangan yang kita dapatkan dari tersangka, bahwa awalnya tersangka ini mengikuti pemberitaan seputar hacker Bjorka, kemudian dia terinspirasi dan dia menelusuri lebih jauh, lebih dalam dan menemukan dark web dimaksud," kata Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak, Senin (14/8/2023).

Setelahnya, pelaku membuat akun untuk bisa mengakses dark web Breachforums.is. Di situs itu, pelaku menjual sedikitnya sekitar 20 ribu data nasabah salah satu bank. Data-data tersebut dihimpun sejak tahun 2017 hingga 2020.
Polda Metro Jaya memastikan tidak ada kebocoran data nasabah Bank BCA karena data yang dimiliki tersangka diperoleh saat menjadi operator pinjaman online dan judi online di Kamboja.

"Polda Metro: Penjual Data Nasabah di Breachforums Terinspirasi Bjorka. "Selanjutnya, dilakukanlah akses oleh tersangka membuat akun Pentagram pada saat itu kemudian bisa masuk ke Breachforums yang merupakan data web yang digunakan tersangka untuk penjualan data pribadi nasabah termasuk data finansialnya," ujarnya.



Densus 88 tangkap 1 terduga teroris di bekasi, diduga karyawan BUMN
  • Densus 88 tangkap 1 terduga teroris di bekasi, diduga karyawan BUMN

    Selasa, | 10:37:10 | 162 Kali


  • DKI Jakarta menjadi kota dengan kualitas udara terburuk nomor empat di dunia hari ini.
  • DKI Jakarta menjadi kota dengan kualitas udara terburuk nomor empat di dunia hari ini.

    Kamis, | 11:08:54 | 485 Kali