Pesawat Jatuh di Amazon Brazil Akibat Cuaca Buruk, 14 Orang Meninggal dunia
Pesawat Jatuh di Amazon Brazil

Senin, 18 Sep 2023 | 13:06:20 WIB, Dilihat 133 Kali

Oleh Muhammad Sahid

Pesawat Jatuh di Amazon Brazil Akibat Cuaca Buruk, 14 Orang Meninggal dunia Pesawat EMB-110 Jatuh di Amazon

Sebuah pesawat jatuh di negara bagian Amazon, Barcelos di Brasil. Insiden ini menyebabkan 14 orang tewas di tempat pada Sabtu (16/9).Pesawat baling-baling kecil itu sebenarnya telah mendekati akhir perjalanan 400 km (248 mil) antara Manaus, ibu kota negara bagian Amazonas, dan kota hutan terpencil Barcelos ketika jatuh.
 

Melansir AFP, senin (18/9/2023), Gubernur negara bagian Amazon, Wilson Lima, dalam akun X (Twitter) mengatakan 12 penumpang dan dua anggota kru tewas dalam kecelakaan itu.

“Saya sangat menyesalkan meninggalnya 12 penumpang dan dua awak yang menjadi korban kecelakaan pesawat di Barcelos pada hari Sabtu,” kata Lima di X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter seperti dikutip dari ABCNews, Senin (18/9).

Menteri Keamanan Negara Bagian Amazonas, Vinicius Almeida, mengatakan bahwa informasi awal menunjukkan pesawat itu jatuh setelah kehabisan landasan ketika turun ke Barcelos saat hujan lebat dan jarak pandang rendah.

Situs berita Brasil G1 melaporkan bahwa pesawat tersebut berjenis EMB-110, pesawat turboprop bermesin ganda yang diproduksi oleh pembuat pesawat Brasil Embraer

Media lokal melaporkan, pesawat Embraer PT-SOG lepas landas dari Manaus, ibu kota negara bagian Amazonas dan kota terbesar di Amazon, dan berusaha mendarat di tengah hujan lebat.

Pesawat dilaporkan jatuh dalam perjalanan dari ibu kota negara bagian, Manaus, ke Barcelos, sekitar 90 menit penerbangan. Terletak di Rio Negro, anak sungai Amazon, berbatasan dengan beberapa taman nasional dan kawasan lindung lainnya.

Situs berita UOL mengutip Menteri Keamanan Negara Vinicius Almeida mengatakan para penumpang adalah warga Brasil. Para penumpang disebut melakukan perjalanan ke wilayah tersebut untuk olahraga memancing.

Para pejabat mengatakan, jenazah para korban akan dibawa ke Manaus untuk identifikasi resmi.

Barcelos adalah tujuan wisata populer karena letaknya dekat dengan beberapa taman nasional.

September dianggap sebagai awal musim puncak penangkapan ikan di Amazonas. Negara bagian ini terkenal dengan berbagai spesies ikan hias seperti tucunaré juga dikenal sebagai peacock bass.