Mengenal Tren Frugal Travel, Solusi Liburan Dengan Budget Pas-pasan
Mengenal Apa Itu Frugal Travel ?

Jumat, 15 Sep 2023 | 15:02:48 WIB, Dilihat 407 Kali

Oleh Muhammad Sahid

Mengenal Tren Frugal Travel, Solusi Liburan Dengan Budget Pas-pasan Ilustrasi Frugal Travel

Traveling telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, namun tidak semua orang memiliki anggaran berlebih yang bisa digunakan untuk liburan.

Selama ini traveling memang identik dengan pengeluaran yang tak sedikit. Seseorang bahkan bisa menghabiskan uang hingga jutaan untuk beberapa hari perjalanan. Itulah kenapa banyak orang yang akhirnya lebih memilih untuk tidak liburan demi menghemat finansial. 

Padahal, mereka yang berlibur terbukti mendapatkan sejumlah manfaat. Dengan berlibur, kamu bisa memperoleh pengalaman baru dan melepaskan penat dari rutinitas sehari-hari.

Namun, nyatanya traveling tetap bisa dilakukan dengan budget yang relatif minim tanpa mengurangi keseruannya. Oleh karena itu, belakangan muncul tren frugal travel, yang membuat liburan menjadi lebih hemat, terjangkau, dan terasa lebih memuaskan.

Frugal travel juga dikenal dengan istilah budget travel adalah melakukan perjalanan secara cerdas dengan mengatur akomodasi, transportasi, destinasi, serta pilihan makanan dengan biaya minim. Frugal travel dipercaya sebagai solusi liburan hemat. Dengan frugal travel, kamu diberikan kesempatan untuk menghargai keragaman dunia dengan memaksimalkan apa yang dimiliki.Tren ini juga didukung promo-promo dari Online Travel Agent (OTA).

Konsep ini mengutamakan prinsip 'perjalanan sederhana dan bermakna' daripada 'perjalanan mewah'. Para frugal travelers percaya, bahwa traveling itu tidak harus mahal.

Namun, tentu saja tidak semua orang bisa dan mau melakukannya. Sebab, harus membuang semua kemewahan, maka frugal traveler harus siap menggunakan transportasi umum yang mungkin panas tanpa AC, berjalan kaki di bawah terik matahari, bermalam di penginapan murah, hingga makan di pinggir jalan. 

Sementara itu, frugal travel ternyata memiliki manfaat tersendiri bagi mereka yang melakukannya. Dari segi finansial, frugal travel memungkinkan Anda berlibur dengan biaya yang minim sehingga tidak menguras kantong. 

Frugal travel juga bisa membuat Anda lebih terampil mengatur keuangan. Hal ini karena frugal traveler harus teliti dan cermat dengan setiap pengeluaran selama perjalanan. 

Sementara dari segi pengalaman, frugal travel akan memberi Anda kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang baru. Anda juga dapat mencicipi makanan-makanan lokal hingga street food yang mungkin belum pernah Anda rasakan.

Mengutip ata Pegipegi Travel Report 2022, mayoritas masyarakat mengalokasikan anggaran sebesar Rp1-3 juta dan Rp3-5 juta dalam satu kali perjalanan dengan durasi perjalanan antara 1-3 hari, 3-7 hari, dan 1-2 pekan.Artinya, sebagian besar masyarakat sudah mulai merencanakan liburan walau bujetnya minim.

Melansir dari Tirto.ID berikut beberapa tips untuk mengatur budget selama perjalanan bagi Anda yang ingin melakukan frugal travel: 

1. Hindari high season 

Hindari high season seperti long weekend, akhir tahun, atau musim libur sekolah. Saat high season, seluruh biaya cenderung lebih mahal dari biasanya.

Sebaliknya, jika Anda memilih pergi saat low season, Anda mungkin bisa menemukan banyak promo wisata menarik dari agen travel, hotel, hingga tempat wisata.

2. Pilih transportasi yang tepat 

Sebisa mungkin hindarilah bepergian dengan pesawat dan pilih transportasi yang lebih murah seperti kereta api atau bis. Jika terpaksa harus menggunakan pesawat, pilih kelas tiket termurah alias tiket ekonomi.

Selain itu, mencari tiket promo di internet untuk lebih menghemat biaya bisa jadi pilihan. Anda bisa memantau media sosial maskapai atau situs-situs pemesanan tiket.

3. Pilih penginapan murah 

Dibandingkan memilih hotel berbintang, penginapan seperti losmen atau guest house yang lebih kecil tentunya jauh lebih terjangkau. Penginapan kecil seperti ini biasanya mudah ditemukan di sekitar objek wisata, jadi Anda tidak akan kesulitan untuk mencarinya.

Jika ingin booking sebelum berangkat, Anda bisa mencarinya lewat aplikasi atau website pemesanan tiket sekaligus berburu promonya. Memesan penginapan jauh-jauh hari juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

4. Cari tahu tempat makan enak dan terjangkau 

Meski Anda dapat menemukan banyak tempat makan murah, tapi mungkin belum tentu semuanya enak. Jangan ragu bertanya pada penduduk lokal atau petugas penginapan untuk rekomendasi tempat makan enak dan murah.

Saat berada di tempat wisata, pastikan untuk selalu bertanya harga terlebih dahulu sebelum membeli. Anda juga disarankan untuk selalu membawa bekal air mineral dari penginapan agar tidak perlu membeli minuman lagi di luar.

5. Ajak Teman

Berlibur bersama teman tak hanya lebih seru dan menyenangkan, tapi juga bisa menekan pengeluaran.

Misalnya ketika Anda harus naik taksi online menuju tempat wisata, Anda bisa patungan dengan teman sehingga bisa lebih hemat. 

6. Tahan belanja 

Salah satu hal penting saat frugal travel adalah menahan diri untuk tidak belanja berlebihan, terutama saat berada di tempat wisata. Belilah barang sesuai kebutuhan dan jangan tergoda membeli banyak oleh-oleh.