Mengenal Sejarah Wayang Kulit di Indonesia dan Jenis-jenisnya
Mengenal Sejarah Wayang Kulit di Indonesia dan Jenis-jenisnya

Kamis, 27 Jun 2024 | 09:53:16 WIB, Dilihat 37 Kali

Oleh Rendi Febriansyah

Mengenal Sejarah Wayang Kulit di Indonesia dan Jenis-jenisnya  Mengenal Sejarah Wayang Kulit di Indonesia dan Jenis-jenisnya

Baca Juga : Mengapa Negara Belanda Disebut Juga sebagai \'Netherland\'? Ternyata Ini Artinya


Wayang kulit merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sarat akan nilai kehidupan, baik dari tokoh yang diperankan maupun jalan cerita dalam pagelaran wayang.
Meski begitu, sudah cukup jarang ditemui orang yang tertarik dengan pertunjukan wayang kulit. Padahal, ada sejarah panjang mengenai perkembangan wayang di Tanah Air.

Penasaran, seperti apa sejarah wayang kulit di Indonesia? Simak pembahasannya dalam artikel ini.

Asal-usul dan Sejarah Wayang Kulit
Ada sejumlah perbedaan pendapat mengenai asal-usul wayang kulit. Mengutip e-jurnal milik ump.ac.id, salah satu pendapat mengatakan bahwa wayang kulit berasal dan lahir di Jawa, khususnya Jawa Timur.

Pendapat tersebut dikemukakan para peneliti dan ahli dari Indonesia dan Barat, seperti Hazeau, Brandes, Kats, Rentse, dan Kruyt. Mereka punya alasan kuat kenapa wayang berasal dari Jawa.

Alasan utamanya karena wayang masih sangat erat kaitannya dengan budaya dan agama masyarakat Indonesia, khususnya bagi orang Jawa. Termasuk beberapa tokoh pewayangan utama yang terkenal, seperti Semar, Gareng, Petruk, dan Bagong.

Lalu, selama pemerintahan Raja Kahuripan (976-1012) Prabu Airlangga, saat kerajaan Jawa Timur tengah berkembang pesat budaya wayang dianggap sudah ada di Tanah Air. Pada abad ke-10, para pujangga Jawa telah menulis berbagai karya sastra berdasarkan cerita wayang.

Salah satunya adalah kakawin, yakni karya sastra ditulis dalam bahasa Jawa Kuna selama pemerintahan Raja Dyah Balitung (989-910). Karya tersebut merupakan gubahan dari Kitab Ramayana karya pujangga India Walmiki.

Lalu, para pujangga Jawa tak hanya menerjemahkan cerita Ramayana dan Mahabharata ke dalam bahasa Jawa Kuna, tetapi juga mengubah dan menceritakan kembali cerita-cerita tersebut dengan memberikan falsafah Jawa ke dalamnya. Sebagai contoh, kakawin Mpu Kanwa Arjunawiwaha yang berasal dari Kitab Mahabharata.

Selain itu, masuknya ajaran Islam ke Tanah Air di abad ke-15 juga berdampak besar pada perkembangan budaya wayang, terutama soal gagasan religius dari falsafah wayang. Misalnya saat era Kerajaan Demak, lampu minyak berbentuk khusus atau blencong mulai digunakan dalam pertunjukan wayang kulit.

Wayang Kulit dan Cerita Pewayangannya
Dilansir situs Indonesia Kaya, wayang kulit terbuat dari lembaran kulit binatang. Pada umumnya menggunakan kulit kerbau yang telah dikeringkan.

Dalam pementasannya, wayang kulit dimainkan oleh seorang dalang, lalu diiringi musik gamelan yang dimainkan sekelompok nayaga (pemain gamelan) dan tembang yang dinyanyikan para pesinden.

Dalam pertunjukan wayang kulit, kisah yang umum diceritakan adalah tentang Ramayana dan Mahabharata dalam versi Jawa. Narasi wayang kulit seringkali berkaitan dengan tema utama berupa kebaikan melawan kejahatan.

Selain itu, cerita pewayangan selalu mengajarkan tentang budi pekerti yang luhur, saling mencintai, dan selalu menghormati ke sesama manusia. Terkadang, dalam pementasannya juga diselipkan kritik sosial dan peran lucu lewat adegan goro-goro.

Jenis-jenis Wayang Kulit
Wayang kulit terbagi ke dalam beberapa jenis yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Mengutip laman umsu.ac.id, berikut jenis-jenis wayang kulit:

1. Wayang Kulit Jawa
Wayang kulit jenis ini merupakan salah satu yang paling terkenal, terutama dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Wayang kulit Jawa menghadirkan cerita-cerita terkenal seperti Ramayana dan Mahabharata.

2. Wayang Kulit Sunda
Sesuai namanya, wayang kulit ini berasal dari wilayah Jawa Barat. Wayang kulit Sunda lebih cenderung membawakan cerita lokal dan mitologi Sunda, seperti kisah Sangkuriang.

3. Wayang Kulit Bali
Jenis wayang selanjutnya adalah wayang kulit Bali. Masyarakat lokal kerap menyebutnya sebagai wayang kulit purwa. Wayang kulit Bali juga sering mengisahkan tentang Ramayana.

4. Wayang Kulit Lombok
Wayang kulit yang berasal dari Lombok ini juga dikenal dengan sebutan wayang kulit Sasak. Dalam pementasannya, wayang kulit Lombok kerap menghadirkan cerita yang berhubungan dengan budaya Sasak.

UNESCO Menetapkan Wayang Sebagai Situs Warisan Dunia
Sebagai informasi, wayang telah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh The United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Wayang ditetapkan sebagai karya kebudayaan yang mengagumkan di bidang cerita narasi yang indah dan berharga. Pemberian gelar Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity itu terjadi pada 7 November 2003.

Itu dia pembahasan tentang sejarah dan asal-usul wayang kulit. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan detikers.

 



Mengapa Negara Belanda Disebut Juga sebagai \
  • Mengapa Negara Belanda Disebut Juga sebagai \'Netherland\'? Ternyata Ini Artinya

    Rabu, | 10:19:23 | 43 Kali


  • Biografi Bung Karno yang Haulnya Diperingati Hari Ini Jumat 21 Juni 2024
  • Biografi Bung Karno yang Haulnya Diperingati Hari Ini Jumat 21 Juni 2024

    Jumat, | 14:41:56 | 48 Kali


  • Akan Uji Publik, RPP Manajemen ASN Himpun Masukan Para Pakar
  • Akan Uji Publik, RPP Manajemen ASN Himpun Masukan Para Pakar

    Jumat, | 10:52:38 | 41 Kali


  • Serangan Israel Berhasil Hantam Gedung Di Lebanon Menewaskan 1 Orang Dan Puluhan Orang Luka
  • Serangan Israel Berhasil Hantam Gedung Di Lebanon Menewaskan 1 Orang Dan Puluhan Orang Luka

    Jumat, | 10:08:58 | 55 Kali


  • Soal Penyimpangan Perjalanan Dinas PNS 39 M Dikritik Keras Oleh Anwar Abbas
  • Soal Penyimpangan Perjalanan Dinas PNS 39 M Dikritik Keras Oleh Anwar Abbas

    Selasa, | 09:10:14 | 74 Kali