Perlukah Matikan Alat Elektronik Saat Hujan Disertai Petir?
Perlukah Matikan Alat Elektronik Saat Hujan Disertai Petir?

Rabu, 26 Jun 2024 | 15:47:37 WIB, Dilihat 30 Kali

Oleh Rendi Febriansyah

Perlukah Matikan Alat Elektronik Saat Hujan Disertai Petir?  Perlukah Matikan Alat Elektronik Saat Hujan Disertai Petir?

Baca Juga : Rumah Ambruk Saat Hujan Deras, Warga Bojongsari Dilarikan ke RSUD Depok


Musim hujan seringkali membuat kita waspada karena dampak yang dapat ditimbulkannya. Selain mengakibatkan banjir dan tanah longsor, hujan deras juga dapat menimbulkan risiko lain.
Saat turun hujan disertai petir, seseorang biasanya refleks mematikan TV dan menunggu hingga hujan reda. Selain itu, dianjurkan juga untuk mematikan alat elektronik. Memangnya, apa yang akan terjadi jika tetap menyalakan alat elektronik saat terjadi hujan disertai petir?

Melansir dari laman Kementerian ESDM Direktorat Jenderal Ketenagakerjaan, Selasa (4/6/2024), selain risiko banjir dan longsor, hujan disertai petir juga bisa mengakibatkan risiko kebakaran akibat alat elektronik yang tersambar petir.

Untuk meminimalisir risiko kebakaran akibat alat elektronik yang tersambar petir, ada beberapa tips yang dapat dilakukan. Berikut merupakan penjelasannya.

Tips Meminimalisir Risiko Kebakaran Akibat Alat Elektronik Tersambar Petir

1. Matikan dan Cabut Colokan Listrik
Selain mematikan alat elektronik, disarankan untuk mencabut colokan listrik agar lebih aman. Maka, ketika seseorang menonton TV dan sedang terjadi hujan disertai petir, selain mematikan TV melalui remote jangan lupa untuk mencabut colokan TV dari stop kontak.

2. Hindari Penggunaan Telepon Seluler di Lokasi Terbuka
Saat hujan disertai petir, dianjurkan untuk berteduh di tempat tertutup. Namun jika belum memungkinkan, hindari penggunaan telepon seluler di tempat terbuka untuk menjaga keselamatan diri. Disarankan juga untuk mengatur telepon seluler dalam posisi mode pesawat (flight mode) agar terhindar dari sambaran petir.

Selain mengikuti kedua tips tersebut, pastikan juga instalasi listrik telah terpasang grounding dengan baik. Grounding adalah jalur kabel instalasi listrik pada sebuah bangunan yang ditanam ke dalam tanah. Pemasangan grounding ini penting karena dapat menurunkan kemungkinan adanya gangguan pada sistem kelistrikan terutama ketika terjadi sambaran petir.

Untuk keamanan, instalasi listrik harus memiliki Sertifikat Laik Operasi (SLO). SLO adalah sertifikat yang menjadi bukti bahwa suatu instalasi listrik sudah memenuhi persyaratan untuk beroperasi atau sudah layak diberi tegangan listrik.

Terakhir, jika memungkinkan seseorang bisa menggunakan penangkal petir agar lebih aman. Demikian merupakan tips untuk mencegah risiko kebakaran akibat alat elektronik tersambar petir.

 

 



Rumah Ambruk Saat Hujan Deras, Warga Bojongsari Dilarikan ke RSUD Depok
  • Rumah Ambruk Saat Hujan Deras, Warga Bojongsari Dilarikan ke RSUD Depok

    Selasa, | 16:36:58 | 92 Kali